STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 1. Memahami informasi dari berbagai laporan | 1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan 1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran |
Berbicara 2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi | 2.1 Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi 2.2 Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi |
Membaca 3. Memahami artikel dan teks pidato | 3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif 3.2 Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat |
Menulis 4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi | 4.1 Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur 4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku 4.3 Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir 4.4 Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku |
Mendengarkan 5. Memahami pembacaan novel | Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel |
Berbicara 6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi | 6.1 Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat 6.2 Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat |
Membaca 7. Memahami wacana sastra puisi dan cerpen | 7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai 7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen |
Menulis 8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen | 8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi 8.2 Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar) |
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar |
Mendengarkan 9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan | 9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung 9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi |
Berbicara 10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks | 10.1 Mempresentasikan program kegiatan/proposal 10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat |
Membaca 11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif | 11.1 Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit 11.2 Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif |
Menulis 12 Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola | 12.1 Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif 12.2 Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup |
Mendengarkan 13 Memahami pembacaan teks drama | 13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan 13.2 Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama |
Berbicara 14 Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama | 14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam 14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari |
Membaca 15 Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode | 15.1 Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer 15.2 Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode |
Menulis 16 Mengungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai | 16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai 16.2 Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra |
berinformasi sekali
BalasHapus