Create your own Animation/a>>Create your own AnimationPhotobucketToko Buku Online
bisnis gratisan
Peluang Anda Menuju Sukses
MENERIMA PENDAFTARAN LOKET PEMBAYARAN RESMI LISTRIK, TELKOM, PULSA, DLL (PPOB). Silahkan SMS NO. HP, NAMA DAN ALAMAT ANDA Sekarang!!! Buku Best Seler: 8 Etos Kerja Profesional (Jansen),Kepemimpinan Kepala Sekolah(Wahyudi),Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional(Mulyasa),Menjadi Guru Profesional(Mulyasa), Kemampuan Profesional Guru & Tenaga Kependidikan(Sagala), Profesionalisasi & Etika Profesi Guru(Danim), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif(Trianto), Model-Model Pembelajaran Mutakhir(Isjoni), Analisa Data Penelitian Menggunakan SPSS(Sarwono). Ingin pesan minimal 3 buku dgn judul yang berbeda

Selasa, 07 Desember 2010

Pelajaran Bahasa Indonesia Kls XII

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

                                             Kelas XII,           Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1.   Memahami informasi dari berbagai laporan

1.1    Membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan
1.2  Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
Berbicara
2.   Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi


2.1    Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis  dalam diskusi
2.2    Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi

Membaca
3.   Memahami artikel dan teks pidato 

3.1    Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
3.2    Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat
Menulis
4.      Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi  






4.1    Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur
4.2    Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku
4.3    Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir
4.4    Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku
Mendengarkan
5.        Memahami pembacaan novel

          Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan   
          Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel   

Berbicara
6.      Mengungkapkan pendapat tentang  pembacaan  puisi  

6.1    Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
6.2    Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
Membaca
7.      Memahami  wacana sastra puisi dan cerpen

7.1    Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai
7.2    Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen     
Menulis
8.      Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen

8.1    Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi
8.2    Menulis cerpen  berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)

                                     Kelas XII,    Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9.      Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan


9.1    Mengajukan saran perbaikan tentang  informasi yang disampaikan secara langsung    
9.2    Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi   
Berbicara
10.     Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks

10.1    Mempresentasikan program kegiatan/proposal  
10.2    Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Membaca
11.     Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif


11.1    Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit
11.2     Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif  
Menulis
12      Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola

12.1    Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif  
12.2    Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Mendengarkan
13      Memahami pembacaan teks drama


13.1    Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan       
13.2    Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama  
Berbicara
14      Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama  

14.1    Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam   
14.2    Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
Membaca
15      Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode

15.1    Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
15.2    Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode   

Menulis
16      Mengungkapkan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai


16.1    Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
16.2    Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuk mengomentari  karya sastra  

1 komentar: