Create your own Animation/a>>Create your own AnimationPhotobucketToko Buku Online
bisnis gratisan
Peluang Anda Menuju Sukses
MENERIMA PENDAFTARAN LOKET PEMBAYARAN RESMI LISTRIK, TELKOM, PULSA, DLL (PPOB). Silahkan SMS NO. HP, NAMA DAN ALAMAT ANDA Sekarang!!! Buku Best Seler: 8 Etos Kerja Profesional (Jansen),Kepemimpinan Kepala Sekolah(Wahyudi),Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional(Mulyasa),Menjadi Guru Profesional(Mulyasa), Kemampuan Profesional Guru & Tenaga Kependidikan(Sagala), Profesionalisasi & Etika Profesi Guru(Danim), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif(Trianto), Model-Model Pembelajaran Mutakhir(Isjoni), Analisa Data Penelitian Menggunakan SPSS(Sarwono). Ingin pesan minimal 3 buku dgn judul yang berbeda

Jumat, 12 November 2010

Pelajaran Sejarah Kls XI

Munculnya kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha di Indonesia tidak terlepas dari pengaruh persentuhan kebudayaan antara daerah Nusantara dengan India sebagai tempat kelahiran kedua agama tersebut. Persentuhan kebudayaan ini terjadi sebagai salah satu akibat dari hubungan yang dilakukan antara orang-orang India dengan orang-orang yang ada di Nusantara, terutama karena daerah Nusantara merupakan jalur perdagangan strategis yang menghubungkan antara India dan Cina. Hubungan perdagangan yang semakin lama semakin intensif menimbulkan pengaruh terhadap masuknya pengaruhpengaruh kebudayaan India di Nusantara. Dengan kata lain, terjadi proses akulturasi antara kebudayaan India dengan kebudayaan Nusantara. Demikian juga dengan agama Hindu-Buddha menjadi agama yang dianut oleh penduduk di Nusantara dan menjadi pendorong muncul dan berkembangnya negaranegara kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha di Indonesia.
           Isi materi yang dibahas dalam buku Sejarah SMA/MA Kelas XI Program IPS ini meliputi: Perjalanan Bangsa Indonesia dari Negara Tradisional, Kolonial, Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Buku ini juga membahas tentang: Penduduk Militer Jepang di Indonesia; Perkembangan Sejarah Dunia dan Pengaruhnya terhadap Pergerakan Nasional Bangsa Indonesia; dan Pengaruh Revolusi Industri terhadap Kehidupan di Indonesia sampai Abad ke-20. Sebagaimana layaknya suatu penulisan sejarah, penulis mencoba menyajikan aspek kronologis dari masing-masing periode tersebut, sehingga antara satu periode dengan periode yang lainnya terlihat suatu kesinambungan. Selain itu, penulis mencoba pula menampilkan pada masing-masing periode tersebut adanya dinamika kehidupan bangsa Indonesia dalam berbagai kehidupan. Dengan penyajian seperti ini akan tampak adanya suatu perubahan sejarah dalam kehidupan bangsa Indonesia.
       Agar proses kegiatan belajar mengajar di kelas XI dapat berhasil sesuai dengan apa yang diharapkan, maka bersama ini kami juga mencantumkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang akan menjadi acuannya sehingga siswa dapat menyesuaikan dengan materi-materi yang ada.
                           Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar

                                          Kelas XI, Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa negara-negara  tradisional
1.1      Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
1.2      Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Buddha  di Indonesia
1.3      Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia
1.4      Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara, kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
1.5      Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia

                                     Kelas  XI , Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2. Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang
2.1   Menganalisis perkembangan pengaruh Barat dan perubahan ekonomi, demografi, dan kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa kolonial
2.2   Menganalisis hubungan antara perkembangan paham-paham baru dan transformasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan
2.3   Menganalisis  proses interaksi Indonesia-Jepang dan dampak pendudukan militer Jepang terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia
3. Menganalisis sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah Bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan abad ke-20
3.1   Membedakan pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia
3.2 Menganalisis pengaruh revolusi industri di Eropa terhadap perubahan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia



                                      MATERI PELAJARAN

BAB 1. TENTANG PERKEMBANGAN AGAMA DAN KEBUDAYAAN HINDU-BUDDHA DI INDONESIA
             Materinya silahkan di unduh di sini

BAB 2. TENTANG KEHIDUPAN KERAJAAN-KERAJAAN HINDU-BUDDHA DI INDONESIA
             Materinya silahkan di unduh di sini


BAB 3. TENTANG PERKEMBANGAN ISLAM TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA
             Materinya silahkan di unduh di sini

BAB 4. TENTANG PERKEMBANGAN KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA
             Materinya silahkan di unduh di sini

BAB 5. TENTANG TRADISI LOKAL, HINDU-BUDDHA, DAN ISLAM DALAM KEHIDUPAN
MASYARAKAT DI INDONESIA
             Materinya silahkan di unduh di sini

BAB 6. TENTANG PERKEMBANGAN PENGARUH BARAT DI INDONESIA PADA MASA KOLONIAL
             Materinya silahkan di unduh di sini


BAB 7. TENTANG PERGERAKAN KEBANGSAAN INDONESIA
             Materinya silahkan di unduh di sini

BAB 8. TENTANG PENDUDUKAN MILITER JEPANG DI INDONESIA
             Materinya silahkan di unduh di sini

BAB 9. TENTANG PERKEMBANGAN SEJARAH DUNIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP SEJARAH PERGERAKAN NASIONAL BANGSA INDONESIA
             Materinya silahkan di unduh di sini

BAB 10. TENTANG PENGARUH REVOLUSI INDUSTRI TERHADAP KEHIDUPAN DI INDONESIA SAMPAI ABAD KE-20
               Materinya silahkan di unduh di sini

Selamat Belajar, jangan lupa komentarnya bagi yang sudah mengunduh materinya.

             

1 komentar: