Create your own Animation/a>>Create your own AnimationPhotobucketToko Buku Online
bisnis gratisan
Peluang Anda Menuju Sukses
MENERIMA PENDAFTARAN LOKET PEMBAYARAN RESMI LISTRIK, TELKOM, PULSA, DLL (PPOB). Silahkan SMS NO. HP, NAMA DAN ALAMAT ANDA Sekarang!!! Buku Best Seler: 8 Etos Kerja Profesional (Jansen),Kepemimpinan Kepala Sekolah(Wahyudi),Menjadi Kepala Sekolah yang Profesional(Mulyasa),Menjadi Guru Profesional(Mulyasa), Kemampuan Profesional Guru & Tenaga Kependidikan(Sagala), Profesionalisasi & Etika Profesi Guru(Danim), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif(Trianto), Model-Model Pembelajaran Mutakhir(Isjoni), Analisa Data Penelitian Menggunakan SPSS(Sarwono). Ingin pesan minimal 3 buku dgn judul yang berbeda

Rabu, 05 Oktober 2011

Tipe dan Gaya Kepribadian Manusia

Menurut Paul Gunadi (2005) kepriobadian seseorang dapat dikelompokkan kepada sejumlah tipe sebagi berikut:
  • Tipe Sanguin. Seseorang dengan tipe sangunin memiliki ciri-ciri antara lain, kuat, bersemangat, bergairah dan dapat menciptakan suasana gembira. Di sampin itu orang dengan tipe ini memiliki kelemahan yaitu cenderung impulsif, bertindak sesuai dengan emosinya atau keinginannya, sangat mudah dipemgaruhi oranglain dan kurang bisaa menguasai diri.

  • Tipe Flegmatik. Seseorang dengan tipe ini memiliki ciri-ciri: cenderung tenang, gejolak emosinya tidak tampak, dapat menguasai diri dengan baik, lebih introspektif, memikirkan ke dalam, dan mampu melihat masalah yang terjadi disekitarnya. Orang dengan tipe ini memiliki kelemahan, yaitu cenderung mengambil yang mudahnya saja dan tidak mau susah-susah, oleh karena itu mereka kurang mau berkorban dan cenderung egois.
  • Tipe Melankolik. Seseorang dengan tipe ini memiliki ciri-ciri yaitu terobsesi dengan karyanya yang paling bagus dan paling sempurna, mengerti estetika, perasaan sangat kuat dan sangat sensitif. Kelemahannya adalah sangat mudah dikuasai oleh perasaan dan cenderung kehidupannya sehari-hari diwarnai perasaan murung. Oleh karena itu orang tipe ini tidak mudah terangkat, senang atau tertawa terbahak-bahak.
  • Tipe Kolerik. Orang dengan tipe ini memiliki ciri antara lain cenderung berorientasi pada pekerjaan dan tugas, mempunyai disiplin kerja tinggi, mampu melaksanakan tugas dengan setia, bertanggung jawab dengan tugas yang dibebankan padanya. Kelemahannya ia kurang mampu merasakan perasaan orang lain dan kurang kasihan pada orang yang menderita.
  • Tipe Asertif. Orang dengan tipe ini mampu menyatakan pendapat atau ide serta gagasannya secara tegas, kritis, namun perasaannya halus sehingga tidakmenyakiti perasaan orang lain. Perileku mereka adalah berjuang mempertahankan hak sendiri, teapi tidak sampai m mengabikan apalagi mengancam orang lain. Karena ini tipe ideal, tentu tidak banyak ditemukan kelemahnnya.


Sementara itu gaya kepribadian seseorang dapat dibagi menjadi 12 tipe (Gregory; 2005), yaitu:
  • Kepribadian yang mudah menyesuaikan diri
Seseorang dengan gaya ini mudah meyesuiakan diri, karena dia memandang hidup ini sebagi perayaan dan setiap harinya sebagai pesta yang berpindah. Orang ini komunikatif, bertanggung jawab, ramah, santun dan memprhatikan perasan orang lain, jarang agresif, kompetitif dan destruktif.
  • Kepribadian yang Berambisi
Orang ini memang penuh ambisi terhadap semua hal, mereka menyambut tantangan, berkompetisi dengan senang hati dan sengaja. Kadang-kadang secara terbuka menunjukkan sikap agresif. Ia cendrung bersikap hati-hati.
  • Kepribadian yang Mempengaruhi
Orang ini menunjukkan keprcayaan diri dan berdikari serta mendekati setiap tugas dalam hidup dengan cara seksama, tuntas dan sistematis dan efisien.
  • Kepribadian yang Berprestasi
Orang ini menghendaki kesempatan untuk bermain dengan baik dan cemerlang. Jika mungkin untuk mempesonakan yang lain agar mendapatkan sambutan yang baik, kasih sanyang dan tepuk tangan orang lain, dalam hal ini berarti menerima. Mereka memandang hidup dengan selera kuat untuk melakukan hal yang menarik baginya.
  • Kepribadian yang Idealis
Orang ini melihat hidup ini dengan dua cara, yakni hidup sebagaiman nyata adanya dan hisup sebagiman aseharusnya.
  • Kepribadian yang Sabar
Orang ini memang sabar (hampir tidak pernah putus asa), ramah tamah, dan rendah hati. Mereka jarang sekali tinggi hati dan kasar. Mereka menghargai kepercayaan, kebenaran dan selalu penuh harapan.
  • Kepribadian yang Mendahului
Orang ini menjunjung tinggi kualitas. Mereka yakin bahwa dia adalah seorang manusia yang mempunyai syarat yang cukup dan akan berhasil dalam melaksanakan tugas apa mereka terima.
  • Kepribadian yang Perseptif
Orang ini cepat tanggap terhadap rasa sakit dan kekurangan baik yang dialaminya sendiri m aupun dialami orang lain, sekalipun orang itu asing bagi dirinya. Mereka biasanya bersahaja, jujur dan menyenangkan, ramah tamah dan tanggap, setia dan adil, seorang teman sejati yang persahabatannya tahan lama.
  • Kepribadian yang Peka
Orang ini suka termenung, berintrospeksi, dan sangat peka terhadap suasana jiwa dan sifat-sifatnya sendir, perasaan dan pikirannya. Dan dia juag memiliki kepekaan terhadap suasana jiwa, sifat dan pikiran orang lain.
  • Kepribadian yang Berketetapan
Orang ini menekankan pada landasan dari gaya kepribadiannya yaitu kebenaran, tanggung jawab dan kehormatan. Dalam segala hal mereka berusaha melakukan hal yang benar, bertanggung jawab, dengan demikian mereka pantas mendapt kehormatan dari keluarga, teman dan atasan.
  • Kepribadian yang Ulet
Orang ini memandang hidup sebagai suatu perjalanan atau ziarah. Setiap hari dia melangkah maju di atas jalan hidup ini dengan harapan besar mampu mampu mewujudkan harapan dan cita-citanya, sambil menguatkan keyakinannya.
  • Kepribadian yang Berhati-hati
Orang ini teliti, berhati-hati, tuntas, dan senantiasa mencoba menunaikan kewajibannya secara sosial dalam pekerjaan sebagai warga negara atau yang ada hubungan dengan masalah-masalah keuangan.

Semoga Bermanfaat...!!!

Ada masalah dengan kesehatan kunjungi kami di www.herbalzakir.blogspot.com 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar